Standing Pouch Nylon

Produk Kemasan UKM

Produk kemasan UKM saat ini bisa di bilang kurang menarik karena hanya kemasan yang ala kadarnya dan tidak memiliki standar resmi dari pemerintah hal tersebut mungkin di karenakan kurangnya biaya produksi untuk membuat kemasan yang layak guna. Sebenarnya ada solusi untuk hal tersebut yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah di temukan karena secara tidak langsung konsumen akan lebih tertarik jika melihat produk barang yang akan di belinya mempunyai kemasan yang menarik adapun beberapa factor yang mempengaruhi hal-hal tersebut.

Produk kemasan UKM yang unik merupakan salah satu factor meningkatnya jumlah daya beli masyarakat adapun beberapa factor lainnya seperti kemasan yang tahan banting atau benturan, yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya serta dari segi desain. Untuk mengatasi solusi biaya produksi yang tinggi bisa digunakan bahan-bahan seperti berikut yaitu kayu, kain, dan plastik dari segi ekonomis plastic menjadi pilihan utama karena bahannya yang tidak sulit untuk di temukan dan dikenal dengan kemurahannya tetapi ada satu masalah yaitu pemakaian bahan kimia yang terlalu keras pada bahan pembuatan plastik dan salah dalam penggunaan jenis plastik terhadap produk yang akan di jual.

Produk kemasan UKM dari bahan plastik mempunyai beberapa jenis yang menurut standar basional Indonesia aman dan baik untuk di gunakan yaitu:

  • Polistiren, adalah plastik yang banyak di pakai untuk mengemas sayuran serta buah-buahan hal ini dikarenakan jenis ini memiliki kadar permiabilitas yang sangat tinggi terhadap zat gas dan cair. Sifat plastik ini mempunyai ketahan terhadap zat asam dan basa, mempunyai sifat kelentur serta tidak mudah rusak serta mudah terurai terhadap, ester, hidrokarbon aromatik, keton serta alkohol dengan sebuah konsentrasi yang sangat tinggi.
  • Politen yaitu plastik yang sangat tahan terhadap benturan, lentur serta lunak dan fleksibel. Plastik ini ialah jenis plastik yang sangat di gemari serta paling banyak di pakain oleh setiap pelaku industri karena memiliki sifat yang sangat mudah di bentuk serta mempunyai kadar premeabilitas yang rendah dan lain-lain. Pada umumnya plastik ini digunakan serta dipakai untuk mengemas bahan tekstil dan berbagai macam produk yang tidak memiliki kandungan asam yang terlalu tinggi.

Produk kemasan UKM bisa juga menggunakan kayu sebagai bahan dasar kemasannya dan biasanya jenis usaha yang menggunakan kemasan kayu yang berhubungan dengan benda pecah belah ataupun hasil pertanian seperti buah dan sayurn segar, adapun bahan lainnya yang jauh lebih murah seperti dari bahan kertas atau karton, jenis usaha yang di gunakan seperti roti atau makanan ringan yang berhubungan erat dengan kandungan minyak. Dari beberapa jenis bahan untuk pembuatan kemasan suatu produk 3 bahan tersebutlah yang paling umum dan paling murah serta mudah untuk di dapatkan.

Dari paparan di atas bisa di jelaskan bahwa sebuah kemasan merupakan salah satu bagian terpenting yang tidak boleh di remehkan jika ingin produk yang kita jual di lirik oleh masyarakat maka dari itu kesadaran akan hal tersebut harus dimulai sejak awal perencanaan bisnis. Ada beberapa kriteria untuk meningkatkan kemasan yang baik yaitu dari segi desain yang unik karena tidak bisa di pungkiri sebagus apapun bahan dasar kemasan suatu produk desainlah yang menentukan hasil akhirnya. Sekian beberapa informasi tentang produk kemasan UKM yang bisa menjadi acuan dalam menjalankan bisnis perindustrian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *